Minggu, 08 April 2012

Kenali Gejala Tipes

Assalammu'alaikum dan selamat siang semuanya.
Gw bikin postingan ini karena udah 2 temen gw yang masuk rumah sakit gara - gara tipes.
Langsung aja ya...

Gejala Tipes terjadi sekitar 3 sampai 60 hari ketika seseorang terinfeksi dengan bakteri Salmonella typhi (S. Thypi) dimana bakteri mulai berkembang biak dan menyebar ke aliran darah. Periode antara masa infeksi dan awal gejala ini disebut periode inkubasi demam tipes. Gejala tipes akan bervariasi setiap orang. Beberapa orang mungkin memiliki gejala ringan, sementara orang lain bisa memiliki gejala yang serius, termasukbahkan pada kasus yang sangat berat dimana gejala penyakit tipes menunjukkan prognosis buruk dapat berujung pada kematian.

Ciri ciri tipes secara umum hampir mirip dengan gejala-gejala yang ditimbulkan dengan penyakit lain, antara lain demam sekitar 39-104° C, ruam datar (dengan bintik merah), lelah, sakit kepala, sakit perut, kehilangan nafsu makan, penurunan denyut jantung, sembelit, dan hidung berdarah (mimisan).

Jika seseorang yang tidak menerima pengobatan demam tipes, demam tinggi dapat terus menerus berlangsung selama empat sampai delapan minggu. Gejala tipes lain yang mungkin muncul pada seseorang yang tidak diobati antara lain pendarahan usus, kehilangan nafsu makan yang drastis, penurunan berat badan, osteomyelitis, hepatitis, meningitis, bronkitis, pneumonia, radang sendi, parotitis, orchitis dan pada kasus berat yang berlangsung lama tidak menutup kemungkinan kasus kematian terjadi.

Bagaimana Membedakan Gejala Tipes?

Gejala penyakit tipes biasanya berkembang setelah konsumsi makanan atau air yang tercemar dengan bakteri S. Typhi dan bisa bertahan hingga satu bulan atau lebih. Gejala khas demam tipus meliputi:
  • Nyeri perut dan nyeri tekan
  • Diare atau konstipasi
  • Kesulitan berkonsentrasi
  • Demam dan menggigil secara berkelanjutan
  • Sakit kepala
  • Malaise
  • Perubahan mood
  • Mimisan
  • Nafsu makan yang menurun hingga dapat menurunkan berat badan penderita
  • Ruam (kecil, datar, ruam merah di perut dan dada)
Demam tipes dapat menyebabkan komplikasi yang mengancam jiwa, termasuk pendarahan usus, gagal ginjal, dan peritonitis. Gejala tipes berat yang ditimbulkan yang dapat mengancam jiwa merupakan gejala penyakit tipes yang tidak mendapatkan penanganan atau terlambat mendapatkan pertolongan medis. Ciri-ciri tipes pada kondisi tersebut antara lain menimbulkan gejala perdarahan rektal utama atau tinja, perubahan tingkat kesadaran atau kewaspadaan, delirium, halusinasi atau disorientasi, pusing yang dijelaskan atau persisten, bibir pecah-pecah, unresponsiveness, tidak buang air kecil atau buang air kecil dalam jumlah kecil dimana urin berwarna coklat teh, nyeri perut yang parah (sangat sakit dijelaskan oleh penderita).
Pada bayi, gejala tipes yang serius termasuk fontanel cekung (soft spot) di atas kepala, kelesuan, tidak ada air mata ketika menangis, dan diare. Untuk penanganan kepada bayi atau anak yang masih usia dini perlu kewaspadaan sebab tingginya resiko kematian bayi akibat kasus tipes.

Pelajaran yang bisa diambil :
1. Tetap jaga kesehatan
2. Walaupun banyak aktivitas tapi istirahat itu penting
3. Sayangi diri anda.. ^_^

0 Komentar Penguji:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...